RSS

Sejak zaman paleolitikum hingga sekarang, bumi masih setia mendampingi kita. Namun reaksi alam dan campur tangan hitam manusia telah merusaknya! Tak ada kata terlambat. LET'S KEEP OUR EARTH!

by Oktaviani Indah Puspita. Powered by Blogger.
Leaf

Recycle : Menyulap botol menjadi rumah?


Sebenarnya banyak manfaat yang bisa digunakan dari botol minuman bekas. Bila Anda kreatif, botol-botol itu bisa 'disulap' menjadi sesuatu yang berguna di kehidupan.

Di beberapa negara, demi mengurangi sampah, botol-botol bekas disusun menjadi tempat tinggal. Kreatif. Berikut beberapa rumah botol itu :

Di Argentina.
Seorang pensiunan upholsterer (tukang pelapis perabot rumah tangga), John Milkovisch, menghiasi rumahnya dari bahan daur ulang. Percaya atau tidak, sekitar 50.000 kaleng bir digunakan membangun "Beer Can House" di dinding, ayunan depan dan hampir di mana-mana.

Masih di Argentina, juga terdapat rumah botol lain. Pemiliknya Alfredo Santa Cruz. Dia mendirikan rumah dari botol-botol bekas di Puerto Iguazu karena tidak mau sampah itu merusak lingkungan.

Struktur rumah karya Alfredo bukan hanya menggunakan botol bekas. Tapi juga dibangun dari bahan plastik bekas, kaleng aluminium, kotak tetra pak, dan bahan-bahan yang bisa di daur ulang lainnya.

Di Serbia
Tomislav Radovanovic, profesor matematika Serbia dari pusat kota Kragujevac, telah menciptakan rumah seluas 60 meter persegi. Dia bekerja selama lima tahun dengan memanfaatkan botol plastik sebagai mayoritas dalam konstruksi. Hanya fondasi dari beton
 


Di Bolivia
Beberapa aktivis lingkungan muda di Bolivia mengumpulkan sekitar 25.000 botol plastik dan membangun rumah botol itu dalam waktu enam bulan. 

Cara yang dia pakai dalam membangun rumah adalah dengan memasukan pasir di botol. Lalu diperkuat dengan baja dan semen, sehingga menciptakan dinding kuat.

Rumah botol itu terletak di Warnes, di provinsi timur Santa Cruz.

Di Nigeria
LSM Asosiasi Pembangunan untuk Energi Terbarukan (DARE) yang berbasis di kota Kaduna, Nigeria, menawarkan proyek pembangunan rumah menggunakan botol-botol plastik bekas ini.

DARE mengklaim proyek ini sebagai salah satu strategi paling tepat untuk menata lingkungan. Sekaligus sebagai solusi mengurangi minimnya perumahan bagi warga Nigeria, negeri terpadat di Afrika. (Berbagai sumber)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...