RSS

Sejak zaman paleolitikum hingga sekarang, bumi masih setia mendampingi kita. Namun reaksi alam dan campur tangan hitam manusia telah merusaknya! Tak ada kata terlambat. LET'S KEEP OUR EARTH!

by Oktaviani Indah Puspita. Powered by Blogger.
Leaf

10 cara mudah untuk menyelamatkan Bumi

Menyelamatkan bumi ternyata lebih mudah dari yang kau pikirkan. Tiap hal kecil yang kamu  lakukan dapat mengurangi gas greenhouse dan mengurangi dampak buruk pada lingkungan. Peduli pada lingkungan itu bukan hanya kewajiban – tapi adalah hak tiap orang. Maka dari pada itu, Earth Heros akan memberi 10 hal yang dapat kamu lakukan untuk menolong bumi.

1. Perhatikan pengunaan air
Suatu hal kecil dapat membuat perubahan besar. Tiap detik kau mematikan air ketika kau menggosok gigi, itu adalah langkah yang bagus. Toiletmu bocor? Kamu mungkin menghamburkan 200  galon air per hari. Lebih baik Minum air isi ulang daripada air botol kemasan.

2. Tinggalkan mobilmu di rumah.
Kalau kamu dapat meninggalkannya selama 2 hari tiap minggu, kamu akan mengurangi gas rumah kaca rata-rata 1590 pound tiap tahunnya.

3. Berjalan atau kendarai sepedamu untuk bekerja, sekolah, atau kemanapun yang kamu inginkan.
Kamu dapat mengurangi gas rumah kaca sekaligus meningkatkan kesehatanmu. Kalau itu tidak memungkinkan, kamu bisa menggunakan kendaraan umum ataupun kereta api. tiap berkurangnya 1 mobil di jalan raya, membuat suatu perubahan.



4. Daur ulang
Kamu dapat mengurangi polusi dengan mendaur ulang kaleng soda. Kalau kamu coba membandingkan 2 produk, pilihlah yang paling sederhana dalam packaging. 

5. Kompos
Pikirkanlah berapa banyak sampah yang kamu hasilkan dalam setahun. Rubahlah sampah basah menjadi pupuk kompos, selain mengurangi jumlah sampah itu juga dapat menghasilkan pupuk alami yang bagus. Pengkomposan lebih mudah dari yang kau pikirkan.

6. Rubah lampu bohlam mu
Compact fluorescent light bulbs (CFLs) bertahan lebih lama daripada lampu bohlam biasa. Kalau kamu berbelanja peralatan listrik, carilah produk ENERGY STAR, yang mana telah mengikuti EPA dan U.S Departement petunjuk pengunaan energi. Pada tahun 2006, program ENERGY STAR menghemat energi sebanyak yang diambil 25 juta mobil dan menyimpan 25 juta dolar.

7. Buat rumahmu lebih hemat energi
Bersihkan penyaring udaramu sehingga sistemnya tak terlalu bekerja keras. 

8. Peliharalah mobilmu. 
Dengan keadaan mobil yang optimal, bisa menghemat bahan bakar, dan mengurangi polusi juga.

9. Pintar berkendara
Pelan-pelan saja, cukup dengan kecepatan 60 mils per jam atau dengan kecepatan 70 mph ketika di tol. Dengan melakukan hal tersebut kau akan menghemat 4 mil per galon. Mengemudi dengan kecepatan tinggi dan mengerem dengan keras dapat memboroskan penggunaan bensin!

10. Matikan lampu ketika kamu tinggalkan ruangan dan cabut steker perabotan elektronik ketika kau tidak menggunakannya
Meskipun itu hanya sedetik, itu tetap mengambil sejumlah kilowat listrik. Dan beberapa perabotan listrik meskipun dimatikan tetap akan menyerap listrik, so lebih baik unplug aja stekernya


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...